Edukasi for All

Breaking News
Loading...
Selasa, 10 September 2013

Tips Membuat Browser Google Chrome Super Cepat

    http://2.bp.blogspot.com/_4S6buKKlhfQ/TQvQphCGuZI/AAAAAAAAAJY/JBPai4aQgbE/s1600/app_sphere_chrome_sync.png
Browser Google Chrome diklaim Google sebagai browser dengna kemampuan super cepat. Namun tak jarang banyak pemakai Google Chrome akan mendapati bahwa browser yang mereka gunakan tersebut berjalan dengan kecepatan yang tidak diinginkan alias lemot.

Berbagai hal memang mempengaruhi kecepatan tersebut. Dari permasalahan jaringan, virus atau permasalahan browser itu sendiri. Jika masalah yang ada adalah poin ketiga, terdapat hal yang bisa Anda lakukan. Berikut ini adalah hal-hal yang bisa Anda coba.
Menonaktifkan Plugin
Nonaktifkan Plugin pada Google Chrome
Secara default, saat Anda menginstall Google Chrome, akan terdapat beberapa plugin yang sudah terinstal dan aktif. Untuk mengakses plugin di Chrome, Anda perlu mengetikkan kalimat “about:plugins” (tanpa tanda quote) di bar address dan tekan enter.
Setelah itu, akan muncul daftar plugin yang terinstal dalam browser Google Chrome Anda. Sebagai catatan, bahwa sebuah plugin tidak bisa dihapus atau uninstall. Anda hanya bisa menonaktifkan plugin tersebut. Namun Anda bisa menguninstall sebuah plugin jika plugin tersebut merupakan bagian dari ekstensi dan Anda telah menguninstall ekstensi tersebut.
Daftar plugin di Google Chrome
Nonaktifkan Ekstensi
Ekstensi adalah sebuah program kecil yang bisa diunduh melalui Chrome Web Store. Dengan adanya ekstensi, Google Chrome Anda akan memiliki fitur dan fungsi tambahan. Fungsi ekstensi memang sangat berguna, namun hal ini dapat memberikan efek negatif dalam kecepatan akses internet.
Terkadang sebuah ekstensi mememiliki sebuah tombol yang terdapat pada bar address. Anda pun bisa menghapus dan menguninstallnya dengan cara klik kanan dan memilih menu Uninstall.
Menonaktifkan Ekstensi pada Google Chrome
Selain itu, Anda juga bisa menghapus ekstensi yang ada jika Anda membuka sebuah tab baru. Anda tinggal klik kanan pada sebuah ekstensi dan pilih menu hapus.
Beberapa list ekstensi yang ada di Google Chrome
Cara lainnya, Anda pun bisa menekan tombol settings pada bagian kanan atas Chrome. Selanjutnya pilih Tools > Extensions. Di situ, Anda akan melihat deretan ekstensi yang terinstal di browser Anda. Anda pun bisa memilih untuk menonaktifkan atau menguninstallnya.
Cara setting ekstensi pada Google Chrome
Disable extension pada Google Chrome
Membersihkan Data Browsing
Semakin sering Anda online di internet, maka semakin banyak data URL, download history, cookies, teks cache dan lain-lain yang disimpan oleh browser. History dan cache digunakan untuk mengakses situs yang ingin Anda kunjungi dengan cepat. Namun seiring dengan semakin banyaknya database history, maka hal tersebut akan membuat kecepatan internet Anda menurun jauh. Terdapat beberapa cara untuk menghapus history, dari menghapus semua history hingga menghapus history situs-situs tertentu.
  • Membersihkan Seluruh Data History Browsing
Bersihkan Hostory Browsing
Untuk melakukan hal ini, caranya sangat mudah. Andahanya tinggal menekan tombol settings > Tools > Clear browsing data.
Cleat cache pada Google Chrome
Di dalam dialog Clear browsing data, Anda bisa memilih item yang ingin Anda bersihkan dan menentukan rentang waktu dari daftar dropdown. Berikutnya tinggal klik Clear browsing data.
  • Membersihkan History Situs Tertentu
Membersihkan history pada web tertentu
Untuk melakukan hal ini, caranya juga tidak terlalu sulit. Anda butuh mengakses Settings > History. Berikutnya akan muncul halaman situs-situs yang pernah Anda kunjungi dan tinggal pilih history mana yang ingin Anda hapus.
Tidak terlalu mudah bukan? Kalau Anda memiliki tips lain untuk mempercepat kinerja Google Chrome, jangan segan-segan untuk berbagi.

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer