Edukasi for All

Breaking News
Loading...
Kamis, 26 September 2013

Cara Membuat Artikel Berkualitas SEO Friendly



CARA MEMBUAT ARTIKEL BERKUALITAS SEO FRIENDLY | HOW TO MAKE QUALITY SEO FRIENDLY ARTICLE - Sebelumnya saya pernah membahas tentang Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Berkualitas, pada postingan tersebut saya membahas tentang cara membuat artikel berkualitas yang timbul dari diri kita sendiri, sedangkan artikel saya kali ini hanya akan menyempurnakan artikel tersebut dengan membahas tentang Cara Membuat Artikel Berkualitas SEO Friendly Berdasarkan Google Webmaster.




Cara membuat artikel yang berkualitas atau berstandar SEO ini mungkin sudah banyak dilakukan oleh para blogger terutama blogger yang memiliki beberapa artikel yang meraih halaman pertama search engine. Karena standar penulisan artikel search engine berbeda dengan standar penulisan artikel dalam pelajaran tata bahasa di dunia pendidikan. Dan yang perlu diperhatikan oleh blogger atau penulis artikel berkualitas bagi blog ataupun website adalah jika perubahan sewaktu-waktu oleh algoritma google mengenai standar artikel berkualitas.

Dalam dunia internet, kalau kita ingin menulis artikel yang berkualitas itu bisa dibilang sangat sulit. Mengapa saya katakan seperti itu? Yah, karena untuk bisa menghasilkan artikel yang bermutu dan berkualitas SEO friendly kita dituntut untuk bisa menggabungkan antara artikel yang disukai manusia dan artikel yang disukai oleh Search Engine atau mesin pencari seperti google.

Cara membuat artikel berdasarkan google webmaster | berkualitas SEO friendly yang disukai mesin mencari Google haruslah yang mengandung banyak kata kunci yang dibidik. Semisal anda membidik kata kunci Seputar SEO, maka dalam artikel anda harus banyak memuat kata Seputar SEO. Sedangkan cara menulis artikel yang disukai manusia sudah pasti harus enak dibaca dan mudah dipahami.

Cara Membuat Artikel Blog Yang SEO Friendly ini adalah sebuah pekerjaan rutinitas yang harus dilakukan oleh setiap blogger dan saya yakin pasti kalau kita ingin membuat sebuah konten artikel yang berkualitas itu bukanlah pekerjaan yang ringan, pekerjaan ini bisa dibilang sangat sulit. Mengapa saya katakan seperti itu? Yah, karena untuk bisa menghasilkan artikel yang bermutu dan berkualitas SEO friendly kita dituntut untuk bisa menggabungkan antara artikel yang disukai manusia dan artikel yang disukai oleh Search Engine atau mesin pencari seperti google.

Cara Membuat artikel berkualitas seo friendly


Cara membuat artikel berdasarkan google webmaster | berkualitas SEO friendly yang disukai mesin mencari Google haruslah yang mengandung banyak kata kunci yang dibidik. Semisal anda membidik kata kunci Seputar SEO, maka dalam artikel anda harus banyak memuat kata Seputar SEO. Sedangkan cara menulis artikel yang disukai manusia sudah pasti harus enak dibaca dan mudah dipahami.

Diluar sana ada ratusan bahkan jutaan artikel yang mungkin memiliki tema yang sama dengan blog atau artikel anda dan disitulah di mulainya sebuah persaingan dalam search engine. Artikel paling SEO friendly-lah yang akan memiliki tempat teristimewa di mesin pencari seperti googlebingyahoo, dan yang lainya. Lalu bagaimana cara membuat artikel blog yang seo friendly berdasarkan google webmaster?

1. Tentukan Judul Artikel
Judul Artikel adalah hal yang sangat penting dalam sebuah blog atau website. Kalau kita membuat postingan tanpa judul akan seperti bagunan tanpa pondasi yang kokoh. Kekuatan Judul-lah yang membuat sebuah blog atau website mendapatkan traffik. Dan dari judul-lah orang-orang bisa mengetahui apa sebenarnya yang dibahas di dalam artikel tersebut. Tapi seperti apa judul yang berstandar SEO Friendly? Tentunya judul harus semenarik mungkin dan mengandung kata kunci yang sudah anda ditentukan. Panjang judul sebaiknya berkisar antara 4-7 kata, karena bila terlalu panjang akan berkurang kerapatan kata kuncinya. Untuk lebih jelasnya lagi anda bisa baca postingan saya tentang Cara Membuat Judul Postingan SEO Friendly

2. Memilih URL Artikel
URL itu sangat berpengaruh dan malahan pengaruhnya itu sangat besar bagi kualitas artikel blog kita dan terhadap pengindex-an google kepada blog kita. Seringkali kita menemukan URL yang sangat panjang, tapi agar artikel itu berstandar SEO friendly sebaiknya URL dirubah menjadi lebih pendek. Bila URL judul blog anda singkat pasti akan lebih terbaca semua dari pada menggunakan URL yang panjang, jika anda menggunakan judul yang panjang usahakan target kata kunci yang anda bidik ada di bagian kata pertama atau di awal judul artikel dan hindarilah kata yang tidak terlalu penting, sehingga url yang terbentuk padat dengan kata kunci. penggunaan URL pendek menjadi bagian dalam SEO untuk URL Struktur. Untuk lebih lengkapnya anda bisa baca postingan saya yang ini Cara Memilih URL Artikel SEO Friendly

3. Gunakan Label
Label sangat berguna untuk mengelompokan artikel blog sesuai dengan kategorinya. Dengan begitu akan lebih mudah ditelusuri, Jika blog anda memiliki beberapa bahasan gunakan label sesuai jenis artikel yang anda buat untuk mengelompokannya. Fungsinya agar dapat menunjukkan artikel lainnya yang terkait dengan artikel tersebut dan membantu aliran page rank ke halaman-halaman artikel blog anda. Anda dapat menggunakan Vertical Bar (|) sebagai tanda pemisah atau label.

4. Menambahkan Gambar didalam Artikel
Pada dasarnya gambar adalah cara yang baik untuk menarik perhatian pengunjung atau dalam meningkatkan trafik blog, Artikel yang bagus biasanya menggunakan gambar yang sesuai dengan tema artikel tersebut dan juga menggambarkan artikel tersebut. Pastikan gambar anda tidak terlalu besar, karena bisa mempengaruhi loading halaman. Mungkin banyak yang bertanya kenapa optimasi gambar itu perlu? Yah, karena pada saat ini Search Engine dalam metode pencarian tidak hanya sebatas mencari Alamat atau URL web atau blog saja tapi juga mencari gambar atau foto. Ini sangat penting sekali dan bermanfaat dalam meningkatkan traffik di pencarian gambar. Untuk lebih lengkapnya lagi anda bisa baca postingan saya tentang Cara Optimasi Gambar Agar SEO Friendly.

5. Pembuatan Artikel Sesuai Standar SEO Friendly
Dalam membuat artikel yang SEO Friendly ini dibutuhkan beberapa kriteria, berikut ini:
  • Panjang artikel minimal 300 kata.
  • Setiap kata kunci minimal diulangi sebanyak 3 kali dan maksimal 5 kali.
  • Kata kunci bersifat umum harus diberi Bold atau Italic atau Underline, Pilih salah satu. Sedangkan kata kunci utama harus disertai Bold, Italic, Underline dan URL Link Aktif.
  • Gunakan bahasa yang baku, baik, dan benar sesuai kaidah Bahasa Indonesia.
  • Jangan lupa untuk menggunakan salah satu frasa Tag H1,H2 atau H3 pada artikel tersebut.
  • Gunakanlah Metode Dedikatif , Induktif dan Intelektif. Dimaksudkan untuk menempatkan kata kunci utama diparagraf pertama, paragraph terakhir, paragraf isi, atau di Paragraf awal dan akhir.


6. Kata Kunci
Peletakan kata kunci atau yang sering kita sebut keyword pada suatu website, blog, ataupun artikel adalah hal yang paling utama bagi seseorang yang ingin membangun websitenya memenuhi kriteria atau kaidah SEO. Saya perhatikan sudah banyak pemilik website atau blog yang mengetahui teori ini tetapi banyak yang bingung mengenai peletakan kata kunci pada website, blog atau artikel yang dibuatnya. Usahakan kata kunci diletakkan juga dalam paragraf awal artikel blog atau paragraf kedua artikel atau postingan blog anda. Biasanya dari diskripsi inilah kata kunci akan terbaca oleh mesin pancari. Selengkapnya bisa baca postingan saya tentang Cara Meletakan Kata Kunci Pada Postingan dan Blog

7. Pasang Meta Deskripsi
Meta deskripsi berfungsi untuk menggambarkan isi artikel anda secara keseluruhan. Meta deskripsi sangat penting untuk mengoptimalkan kinerja blog anda pada search engine. Tapi cukup 150 karakter untuk menuliskan meta deskripsi, itu sudah memadai. Sumber ini saya dapat dari blogspot

8. Memasang Link Internal didalam Artikel.
Dalam membangun halaman blog yang SEO Friendly, membuat sebuah Links Internal adalah hal yang harus dilakukan pada setiap artikel. Caranya adalah dengan membuat keterkaitan antar artikel di blog Anda dengan berisi link menuju artikel tersebut. Maka para pembaca pun akan mengikuti jejak yang ditinggalkan apabila mereka belum mengerti dan memahaminya. (Source).

9. Menautkan artikel baru dengan artikel sebelumnya
Jika dalam artikel terbaru membahas beberapa postingan sebelumnya maka ada baiknya untuk menautkannya. Hal tersebut dapat berpengaruh dalam menaikkan pageview beserta membuat pengunjung merasa betah di blog. Hal lain yang menjadi kentungan anda adalah menjadikan hal tersebut disenangi google. Dan ini dapat menurunkan angka bounce rate blog anda.

10. Buatlah sebuah artikel yang bermanfaat untuk orang lain.
Anda harus membuat artikel yang bermanfaat bagi manusia, artikel yang anda buat jangan hanya mementingkan search engine atau robot SE saja, tapi anda harus benar-benar membuat sebuah artikel yang bermanfaat bagi manusia, karena faktor ini dapat mempengaruhi posisi artikel anda di SERP.

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer