Edukasi for All

Breaking News
Loading...
Rabu, 11 September 2013

Planet Kepler 78b, Satu Tahunnya Sama Dengan 8 Jam Saja


Ilustrasi planet Kepler 78b mengorbit bintangnya, Kepler 78. Image credit: NASA



Ilmuwan dari MIT (Massachusetts Institute of Technology) Amerika menemukan fakta bahwa eksoplanet (planet di luar tata surya kita) bernama Kepler 78b (KIC 8435766 b) memiliki periode revolusi (waktu sekali mengelilingi / mengorbit bintangnya) tercepat dari planet lain yang pernah diteliti. Planet tersebut hanya membutuhkan waktu 8 jam saja dalam sekali waktu mengelilingi bintangnya (Kepler-78). Hal itu sangat cepat jika dibandingkan dengan Bumi yang memiliki periode revolusi 365 hari.

Planet Kepler 78b memiliki ukuran yang hampir sama dengan Bumi dan terletak 700 tahun cahaya. Periode revolusi yang ekstrem disebabkan karena dekatnya planet tersebut dengan bintangnya yang 40 kali lebih dekat dari pada jarak Matahari ke Merkurius. Suhu permukaan planet Kepler 78b mencapai 5000 derajat Fahrenheit atau sama dengan 2760 derajat Celcius dan diperkirakan permukaan planet ini meleleh dan berupa lautan lava.

Hanya planet yang memiliki struktur padat yang bisa bertahan dengan orbit sedekat itu. Kemungkinan planet Kepler 78b hampir seluruhnya tersusun dari besi, dan menurut para ilmuwan jika tidak demikian maka gaya pasang surut yang sangat besar dari bintangnya akan menghancurkannya.

"Kenyataan bahwa planet tersebut dapat bertahan menandakan bahwa planet Kepler 78b sangat padat," ucap professor Josh Winn dari MIT. "Apakah ada planet yang bisa lebih dekat lagi dari itu? maka itu sebuah pertanyaan terbuka dan akan lebih menakjubkan," tambahnya.

Professor Winn dan tim telah beberapa lama mencari planet seukuran Bumi dengan periode orbit yang singkat dan penemuan ini membuat kita semua takjub.

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer